Senin, 21 November 2016

Gunung Rinjani Siap Terapkan Booking Online dan CCTV

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) akan membangun juga menggunakan sistem digital pada mengawasi dan melayani pelancong. System ini diinginkan bisa terwujud dalam 2017 mendatang.
Kepala Bagian Tata Usaha Balai TNGR Mustafa Imran Lubis menyatakan, sesuatu tersebut sudah disampaikan Kepala Balai TNGR dalam presentasinya di Cina beberapa waktu lalu mengenai security tracking management. Terobosan anyar serta akan dilakukan Balai TNGR dan mengadakan layanan online booking bagi wisatawan yang berhasrat berkunjung.

"Kita bakal melaksanakan pembatasan pengunjung, dengan dunia maya booking akan mengontrol andai telah melebihi kuota," bebernya di Alat Center Pemprov NTB, Kota Mataram, NTB, Selasa (4/10).

Ia mengatakan, destinasi wisata lombok terobosan ini sudah dijumpai lewati proses kajian diantara daya tampung dengan daya dukung pada kawasan TNGR itu. Imran memaparkan, pemanfaatan teknologi seperti tersebut amat berguna buat ketepatan data tentang jumlah pelancong yang berkunjung. Ia melanjutkan, jumlah kunjungan saat ini kerap simpang siur lantaran tetap banyaknya pelancong yang selalu memakai jalur bukan resmi. 
Indahnya Sunset di Gunung Rinjani

Berawal dari informasi yang disabet, jumlah pengunjung TNGR sepanjang saat April hingga saat ini, sebanyak 87.645 pengunjung yang terdiri bertemu 29,458 wisman, dengan 58,187 wisman. Angka ini meningkat dari kunjungan pada 2015 yang sebanyak 71 ribu kunjungan.
Begitu serta Penerimaan Wilayah Bukan Pajak (PNBP) dan menghadapi peningkatan menjadi Rp 4,8 miliar sesudah 30 September 2016, dibandingkan season selanjutnya yang sebesar Rp empat,4 miliar, serta catatan biaya tiket masuk sebesar Rp 150 ribu demi wisman juga Rp 5 ribu demi wisnus. 

"Karcis masuk anda setor ke kas Kemenkeu," paparnya. 

Selain itu, Balai TNGR, dia katakan, serta menyiapkan CCTV yang akan memonitor tetangga 70 persen region TNGR. "Saat itu telah kita sejak, kerja serupa serta Balai Liburan Sungai Kalangan Nusa Tenggara I. Mampu memantau memasuki actual time. Kamu telah bangun seorang tower pada Segara Anak," jawabnya menambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar